AJARAN ISLAM DENGAN SEGALA ASPEK KEHIDUPAN MANUSIA - Riansahrudin.Com

AJARAN ISLAM DENGAN SEGALA ASPEK KEHIDUPAN MANUSIA

AJARAN ISLAM DENGAN SEGALA ASPEK KEHIDUPAN MANUSIA

Islam adalah salah satu agama yang ada di Indonesia begitupula dengan ajarannya dan Islam memiliki ajaran  terbaik dari beberapa ajaran agama yang ada di Indonesia karena Islam mengisi setiap sendi-sendidan mengatur segala aspek kehidupan manusia sehingga menciptakan pribadi- yang bermoral, beradab dan berbudi luhur, maka dari itu kami memberitahukan beberapa ajaran islam yang sangat berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat.

 Islam adalah aspek terbesar dalam ajaran Islam yang sangat berpengaruh dalam kehidupan individu maupun bermasyarakat, seperti membaca dua kalimat syahadat melatih kita dalam kedisiplinan individu, ini yang akan mewarnai kita tatkala berkehidupan, klo sudah membaca dua kalimat syahadat harus mempunyai prinsip tiada tuhan selain Allah SWT, bergantung hanya kepada Allah, meminta pertolongan hanya kepada Allah, segalanya harus berasaskan kepada Allah tidak boleh yang lain, selanjutnya adalah Solat; solat sangat berpengaruh pada kesehatan untuk individu dan juga saling silaturhami dalam bermasyarakat ketika solat berjamaah karena didalam solat berjamaah adanya saling tegur sapa untuk mejaga tali persaudaraan, bersalaman untuk saling bermaafan. Dari solat berjamaah jaga kita diajarkan bahwa semua manusia Dimata tuhan itu sama; presiden masuk masjid untuk berjamaah harus buka sepatu, tukang becak memasuki masjid pun juga harus lepas sendal. Presiden sujud, tukang sayur pun sujud. sehingga semua sama di mata Allah yang membedakan hanya ketakwaan kita kepada Allah SWT, puasa juga sangat berpengaruh dalam segi kesehatan bagi individu, didalam puasa juga diajarkan menahan nafsu yang mana mengajarkan kita bahwa segala sesuatu harus dijalankan dengan kesabaran, zakat juga sangat berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat yang mana kita diajarkan untuk saling berbagi, membantu yang lebih sulit dari segi ekonomi dan mengajarkan kita bahwa harta yang kita miliki saat ini tidak sepenuhnya milik kita. Dan terakhir adalah haji, haji mengajarkan kita untuk bertaqwa kepada Allah SWT, jauh jauh dari rumah mengumpulkan banyak uang hanya untuk berziarah menemui sang maha pencipta Allah SWT dan disana kita berkeliling Ka'bah dan lari sa' yi dan lain lain semata - mata karena kecintaan kita kepada Allah SWT 
Sebelum dunia mengenal HAM, 14 abad yang silam, Islam datang dengan mendeklarasikan bahwa manusia mempunyai hak yang harus dijaga, sebagaimana dia mengemban kewajiban yang harus dilaksanakan (lihat juga inti Piagam madinah). Dalam hak hidup, Islam tidak membedakan antara orang yang merdeka atau budak, bahkan sampai pada janin yang masih ada dalam kandungan mempunyai hak untuk dihormati, tidak boleh digugurkan, meskipun dia dari hasil perbuatan haram. Dalam rangka menjaga kelangsungan hidup umat manusia, dan begitu pula banyak ayat-ayat dalam Al Qur'an yang tertulis " itqu raqabatin" / memerdekakan budak, karena Islam ingin menghilangkan perbudakan di muka bumi ini. Islam mensyri’atkan hukum qhishāsh bagi orang yang membunuh dengan secara sengaja, tanpa alasan dan prosedur yang benar. Allah berfirman:
“Dan dalam qishāsh itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, Hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa.” (Q.S. Al-Baqarah/2 : 179).

Di sini Islam lebih memilih mengorbankan seseorang yang memang bersalah (karena membunuh) agar orang banyak bisa lebih aman karena terlindungi hak hidupnya dan agar mereka bisa mengambil pelajaran supaya tidak dengan gampang merampas hak hidup orang lain. Ayat diatas menceritakan tentang qishos yang mana pada negara Indonesia tidak dipakai kecuali didaerah NAD. Ayat diatas pula menerangkan tentang hak dan kewajiban bermasyarakat yang tidak boleh dijalankan semaunya karena semua sudah diatur didalam ajaran Islam maupun negara.

Ajaran islam yang sangat kental dengan aspek kehidupan manusia adalah akhlaqulkarimah yang sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat karena pentingnya saling menghargai satu sama lain karena Rasullullah SAW pun di utus untuk mengindahkan Akhlakul Karimah ; Rasulullah Saw bersabda ":الاخلاق انم بعثت لانكم مكرم"   artinya : sesungguhnya aku di utus oleh Allah SWT  semata - mata untuk memperbaiki akhlak.

Dimuat oleh :
1. Annesya Novia Nuraini
2. Alisa Qotrunnada
3. Iqbal Saputra
4. Yanah

16 komentar